Kemahasiswaan


BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)Marching BandKEMENANGAN STT SINAR HUSNI PADA POM KOPERTIS SUMUT

Marching Band

Selain olahraga, marching band juga merupakan hobi yang kini tengah digandrungi anak-anak sekolah. Di sekolah, terutama SMU Sinar Husni Medan, marching band, mampu menyaingi ekskul atau kegiatan olahraga yang lainnya. Marching band berhubungan dengan seni, ilmu, disiplin, kreatif dan inovatif. Olahraga ini pun membuat seseorang menjadi mempunyai jiwa seni, jiwa yang berkarisma dan mampu membuat pegiatnya terkenal di kancah dunia. Begitulah grup marching band marching band Sinar Husni. Marching band yang berasal dari Medan yang sudah memang mempunyai keahlian yang tidak diragukan di Tanah Air.

Perkembangan dari Marching Band Sinar Husni sendiri mengalami peningkatan dari setiap tahun ke tahunnya. Sejak zaman menggunakan peralatan yang sederhana dan sampai pada peralatan yang kompleks. Sejarahnya, Marching Band Sinar Husni dibentuk sejak tahun 1988. Berawal dari alat – alat kaleng, kulit lembu dan alat yang masih tradisionil. Tapi dengan perkembangan dan sejalan dengan kemajuan zaman, Marching Band Sinar Husni yang sebelumnya masih kurang baku dari segi permainan, kini telah mengalami peningkatan yang meninggi dan juga sudah berlatar modern dan internasional. Baik dari segi permainan, segi strategi susunan pemain, entertainment dan sekarang sudah bisa menghibur para penikmat seni dan juga masyarakat. “Permainannya sekarang sudah mulai mengangkat dari tema film, lagu, dan yang berhubungan dengan seni. Penyusunan para pemain dan skill, sudah standard yang ada di Indonesia dan internasional. Sudah tidak diragukan lagi”, ujar Gubernur Sumut, Syamsul Arifin saat mengadakan perlombaan Marching Band Gubernur Cup. “Dari segi penyusunan alat mulai dari yang murah hingga yang bertajuk elite sudah mulai dipergunakan.

Dan keseluruhan mendekati nilai sempurna”, ujar pelatih I marching band, Ahmad Taufik. Dari setiap mengadakan acara atau perlombaan juga banyak mengalami kendala, misalnya dalam persiapan yang belum matang, jadwal anggota marching band yang baik di rumah dan di sekolah serta biaya. Tapi, berkat dukungan dan kerjasama pihak setempat, dari segi penggalangan dana bisa teratasi. Personel Marching Band Sinar Husni sendiri memiliki anggota sebanyak 130 orang. 64 orang bertugas menggunakan alat music tiup, 36 orang menggunakan alat musik perkusi dan 30 orang lagi, selebihnya menggunakan bendera sebaga tambahan juga pelengkap dari penampilan grup marching band. Berbagai banyak juga prestasi yang telah dikumpulkan, dikoleksi juga diraih, diantaranya Juara I dalam Piala Bupati Deliserdang, Juara I Piala Walikota Medan, Juara I Kejurda Tahun 2010 di Medan, Juara II Hamengkubuwono Cup di Yogyakarta, juga Juara I DMC, Darulnadza Cup Kategori Marching Band, Juara II MWBC di Kuala Lumpur 2009, serta Juara II Parade di Kuala Lumpur tahun 2010. Dan masih banyak lagi prestasi yang telah dikantongi oleh Marching Band Sinar Husni.

“Permainan grup Marching band khususnya daerah Medan juga sudah maju pesat dari tahun ke tahun, mengikuti perkembangan zaman trend dunia marching band. Ya, sudah mulai ada peningkatan”tegas pelatih marching band II, Rahmat. “Dalam marching band juga diperlukan kerja sama yang kompak dan seimbang, sehingga menghasilkan permainan yang baik”, singkat Yayasan Sinar Husni.

Intinya apapun kegiatan ataupun ekskul yang kita kembangkan tergantung juga kepada diri pribadi masing – masing yang memang mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Sehingga mendapatkan hasil dan prestasi yang memuaskan. Bukan hanya lingkungan sekitar yang bangga, tetapi juga Indonesia bangga terhadap apa yang telah diperbuat untuk tanah air. Kegiatan – kegiatan ekskul juga membantu mengurangi angka kenakalan atau prilaku yang kurang baik dari setiap orang.

Artinya sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Selain itu juga untuk menambah kemampuan dan ilmu pengetahuan di bidang masing – masing orang. Keberhasilan negeri diraih dari rakyat yang mempunyai keahlian, pula untuk rakyat dan oleh rakyat. Keberhasilan tersebut dihasilkan tentunya dari berbagai bentuk dan jenisnya. Sehingga menambah perkembangan dari dalam negeri. Sudah saatnya berkembang dan harus menjadi negara maju yang berhasil dan bermartabat untuk negeri ini, Indonesia. Kesimpulannya, agar tidak selalu berada di bawah negara – negara maju lainnya. Keberhasilan juga dilihat dari generasi penerusnya yang kreatif dan cerdas, serta terampil.